𝐉𝐞𝐟𝐫𝐢𝐝𝐢𝐧 𝐁𝐮𝐤𝐚 𝐊𝐮𝐫𝐬𝐮𝐬 𝐌𝐚𝐡𝐢𝐫 𝐃𝐚𝐬𝐚𝐫 𝐊𝐞𝐩𝐫𝐚𝐦𝐮𝐤𝐚𝐚𝐧, 𝐊𝐚𝐦𝐚𝐛𝐢𝐫𝐚𝐧 𝐍𝐨𝐧𝐠𝐬𝐚 𝐓𝐮𝐫𝐮𝐭 𝐉𝐚𝐝𝐢 𝐏𝐞𝐬𝐞𝐫𝐭𝐚 𝐊𝐮𝐫𝐬𝐮𝐬 𝐏𝐞𝐦𝐛𝐢𝐧𝐚 𝐌𝐚𝐡𝐢𝐫 𝐃𝐚𝐬𝐚𝐫

Keprinews.com, Batam--Ketua Kwartir Cabang Kota Batam sekaligus Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. membuka Acara Kursus Pembina Mahir Tingkat Dasar Mandiri (KMD) Kwarran Nongsa Tahun 2023, di Aula Lantai 1 Kecamatan Nongsa, Sabtu (11/11/2023).



Dari 38 orang peserta dalam kursus ini, Ketua Majelis Pembimbing Ranting Nongsa, Kak Arpandi, S.STP. MH. Ka. Kwarran, dan Kak Amri turut menjadi peserta Kursus Mahir Dasar yang diselenggarakan dari tanggal 11-12,18-19 dan 25-26 November 2023.


“Selaku Ketua Kwarcab Batam dan atas nama Majelis Pembimbing Cabang Batam, Bapak Wali Kota Haji Muhammad Rudi mengucapkan selamat dan apresiasi atas terselenggaranya kursus ini dengan mandiri,” kata Jefridin didampingi Ketua DWP Kota Batam, Hariyanti.


Menurutnya, KMD ini merupakan sarana meningkatkan kualitas bagi orang dewasa dalam mengabdikan dirinya untuk pramuka, karena ditegaskannya bahwa pramuka adalah sebagai ladang pengabdian. 


“Ikuti kegiatan pelatihan ini dengan baik dan ikhlas, ambil ilmunya sehingga Gerakan Pramuka Kwarran Nongsa semakin berkualitas,” pesan Jefridin.


Jefridin berharap melalui Kegiatan Kursus Mahir Dasar Mandiri Gerakan Pramuka ini diharapkan menjadi wadah untuk membentuk karakter, serta menjaga hablumilnallah dan habluminannas.


“Tugas kita sebagai orang dewasa di Gerakan Pramuka dan sebagai hamba Allah SWT adalah menjaga hablumniallah dan hablumbinanas, agar selamat dunia akhirat,” katanya.


Tambahnya, dengan kegiatan ini Gerakan Pramuka Kota Batam dapat semakin maju dan tumbuh, sesuai makna dan kiasan lambang pramuka tunas kelapa. Dimana tunas kelapa dalam lambang Pramuka Indonesia memiliki banyak makna. Diantaranya, tunas kelapa yang dapat tumbuh dimana saja, membuktikan besarnya daya upaya dalam menyesuaikan diri dengan keadaan sekelilingnya.


“Tunas kelapa juga serba guna dari ujung atas hingga akarnya,” katanya. Nantinya pada penutupan Jefridin akan menguji langsung hasil ilmu yang di dapat dari peserta selama melaksanakan pelatihan.() 

Subscribe to receive free email updates:

DUKUNGAN TERHADAP PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA Proklamasi kemerdekaan Indonesia merupakan puncak dari semua perjuangan bangsa Indonesia. Proklamasi kemerdekaan mendapatkan sambutan yang luar biasa dan dukungan yang spontan dari segenap penjuru tanah air. Dinding-dinding rumah dan bangunan, pagar-pagar tembok, gerbong-gerbong kereta api, dan apa saja, penuh dengan tulisan merah “MERDEKA ATAU MATI.” Juga tulisan “SEKALI MERDEKA TETAP MERDEKA.” Maklumat Pemerintah tanggal 31 Agustus 1945 telah menetapkan Pekik Perjuangan “MERDEKA”sebagai salam nasional yang berlaku mulai tanggal 1 September 1945. Caranya dengan mengangkat tangan setinggi bahu, telapak tangan menghadap ke muka, dan bersamaan dengan itu memekikkan “Merdeka”. Pekik “Merdeka” menggema di mana-mana di seluruh wilayah Indonesia.KEPRINEWS.COM-MEDIA AKTUAL DAN TERPERCAYA