Ini Penyebab Kelulusan SD Hingga SMP di Natuna Tidak Mencapai 100 Persen

Keprinews.com Natuna-Angka kelulusan murid Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di kabupaten Natuna pada tahun ajaran 2022/2023 tidak mencapai 100 persen.


Demikian disampaikan Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Natuna, Umar Wirahadi Kusuma, kepada awak media, Rabu, 5/7/023 di ruang kerjanya.

Umar mengatakan, dari sebanyak 1.435 orang siswa SD, 3 siswa dinyatakan tidak lulus. Sementara itu, sebanyak 10 orang dinyatakan tidak lulus dari 1120 siswa SMP.

Adapun faktor menyebabkan para siswa SD dan SMP tersebut tidak lulus, sebagian besar dikarenakan tidak mengikuti ujian diselenggarakan sekolah.

“Ada yang tidak mengikuti ujian karena sudah tidak masuk sekolah lagi,” ujar Umar, tanpa menyebutkan Natuna peringkat berapa kelulusan tertinggi.

Hal ini kontras dengan jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang tingkat kelulusannya 100 persen.

Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) merincikan 1.029 siswa SMA dan 91 siswa SMK di Kabupaten Natuna Lulus.

Selain Natuna, daerah lainnya di Kepri dengan tingkat kelulusan 100 persen diantaranya, kabupaten Bintan, Karimun, dan Tanjungpinang. (Ilham)

Subscribe to receive free email updates:

DUKUNGAN TERHADAP PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA Proklamasi kemerdekaan Indonesia merupakan puncak dari semua perjuangan bangsa Indonesia. Proklamasi kemerdekaan mendapatkan sambutan yang luar biasa dan dukungan yang spontan dari segenap penjuru tanah air. Dinding-dinding rumah dan bangunan, pagar-pagar tembok, gerbong-gerbong kereta api, dan apa saja, penuh dengan tulisan merah “MERDEKA ATAU MATI.” Juga tulisan “SEKALI MERDEKA TETAP MERDEKA.” Maklumat Pemerintah tanggal 31 Agustus 1945 telah menetapkan Pekik Perjuangan “MERDEKA”sebagai salam nasional yang berlaku mulai tanggal 1 September 1945. Caranya dengan mengangkat tangan setinggi bahu, telapak tangan menghadap ke muka, dan bersamaan dengan itu memekikkan “Merdeka”. Pekik “Merdeka” menggema di mana-mana di seluruh wilayah Indonesia.KEPRINEWS.COM-MEDIA AKTUAL DAN TERPERCAYA